Perhatikan! Ini Ciri-ciri Akun Instagram yang Sudah Diretas

Tanggal : Jumat, 19 Agustus 2016 - 18:00 WIB
Penulis : Desmal Andi




MOBITEKNO - Seperti yang sudah diinformasikan sebelumnya oleh Mobitekno, berdasarkan laporan Symantec, saat ini banyak akun Instagram diretas dan dimanfaatkan untuk menyebarkan spam dengan konten dewasa. Para scammer berusaha dengan kuat untuk menyelipkan dan selanjutnya mempromosikan berbagai tawaran yang berhubungan dengan situs kencan. Hal ini tentunya sangat merugikan pemilik akun.

Namun, ternyata banyak pengguna Instagram tidak menyadari bahwa akunnya telah diretas. Lalu bagaimana untuk mengetahuinya? Menurut Symantec, inilah ciri-ciri akun Instagram yang sudah diretas oleh para penjahat cyber.

  1. Nama pengguna diubah
  2. Foto profil yang berbeda
  3. Nama profil yang berbeda
  4. Biodata dan informasi profil yang berbeda
  5. Tautan profil berubah atau ditambahkan
  6. Mengunggah foto baru

Jika pengguna Instagram aktif menemukan gejala-gejala tersebut, mereka harus waspada. Salah satu yang sering ditemukan adalah adanya foto-foto sensual di dalamnya. Selain itu, foto profil yang tiba-tiba berubah juga menjadi indikator akun telah diretas, walaupun seringkali foto profil asli masih tetap ada.

Symantec memberikan saran agar akun Instagram tidak mudah diretas. Ada baiknya para pemilik akun membuat password yang kuat. Kombinasi karakter diperlukan agar para peretas sulit untuk membaca atau mengidentifikasi password. Hindari juga penggunaan password yang sama pada seluruh akun media sosial yang Anda gunakan.