Pengguna iPhone 7, Dimanakah Letak Fungsi Personal Hotspot?

Tanggal : Selasa, 08 November 2016 - 15:00 WIB
Penulis : Desmal Andi


Pengguna iPhone 7, Dimanakah Letak Fungsi Personal Hotspot?

MOBITEKNO - Hadirnya Apple iPhone 7 dan 7 Plus memang membawa beberapa perubahan, baik hardware maupun software karena sudah menggunakan iOS 10. Banyak pengguna iPhone yang belum banyak menyadari perubahan-perubahan yang ada di iPhone baru ini. Salah satunya adalah fungsi Personal Hotspot untuk melakukan share koneksi internet ke perangkat mobile lainnya.

Jika di iPhone sebelumnya, fungsi Personal Hotspot ini selalu hadir dan terlihat di menu “Settings”, kini tidak lagi. Jadi, beberapa pengguna iPhone 7 dan 7 Plus yang kurang tanggap terhadap perubahan di fitur iPhone miliknya tentu akan menjadi binngung. “Dimana letak fungsi Personal Hotspot tersebut dan bagaimana mengaktifkannya?”, pertanyaan yang sering muncul di pengguna iPhone 7 dan 7 Plus.

Oke, Mobitekno akan memberitahukan kepada Anda, pengguna iPhone 7 dan 7 Plus, untuk mengaktifkan fungsi Hotspot. Pertama-tama yang harus Anda lakukan tentunya menyalakan iPhone 7 dan 7 Plus serta membuka menu “Settings”. Lihat di bawah opsi “Cellular”, biasanya akan terlihat opsi Hotspot di bawahnya. Namun, di iPhone 7 dan 7 Plus, opsi tersebut menghilang.

Untuk mengaktifkan opsi Hotspot tersebut, tap dan buka opsi “Cellular”. Kemudian lanjutkan ke opsi “Cellular Data Option” dan “Cellular Data Network”. Jika sudah, gulung ke bagian bawah sampai Anda menemukan opsi “Personal Hotspot”. Nah, di sini Anda harus mencari data APN yang digunakan operator Anda. Contohnya jika Anda menggunakan XL, Anda cukup mengisinya dengan www.xlgprs.net, atau jika Anda menggunakan Indosat Ooredoo, Anda bisa mengisinya dengan “Indosastgprs” di bagian APN. Isian lainnya biarkan kosong. Selanjutnya, tutup menu “Settings” dan restart iPhone 7 atau 7 Plus Anda.

Setelah proses restart selesai, coba buka kembali menu “Settings”. Lihat apa yang ada di bawah opsi “Cellular”. Menu “Personal Hotspot” sudah kembali tampil di sana. Silakan buka dan lakukan setting password untuk keamanan. Selanjutnya, geser slider ke posisi “On” untuk mengaktifkan Personal Hotspot tersebut. Kini, iPhone 7 dan 7 Plus Anda pun sudah dapat berbagai data internet ke perangkat mobile lainnya.