Tertarik dengan Mobil Listrik, Volkswagen Perlihatkan Konsep VW ID Buzz

Tanggal : Senin, 09 Januari 2017 - 20:00 WIB
Penulis : Eko Lannueardy


Tertarik dengan Mobil Listrik, Volkswagen Perlihatkan Konsep VW ID Buzz

MOBITEKNO - Diajang Detroid Auto Show, Volkswagen memperkenalkan VW ID Buzz sebagai konsep mobil listrik terbaru yang dikembangkan dengan mengangkat kembali nuansa seri VW klasik, VW Microbus.

Disela-sela acara tersebut, produsen otomotif asal Jerman juga menegaskan bahwa konsep mobil listrik yang baru diperkenalkan ini belum bisa dipasarkan dalam waktu dekat.

"Kami percaya bahwa penjualan mobil listrik akan mulai tinggi pada tahun 2020. Untuk itulah, kami berharap di tahun 2025 bisa memasarkan mobil listrik sebanyak satu juta unit per tahun," ujar perwakilan Volkswagen.

VW ID Buzz sendiri merupakan konsep mobil listrik dibawah bendera Volkswagen ID yang diresmikan disela-sela Paris Motor Show yang digelar pada akhir bulan September lalu.

Menariknya, Volkswagen pun berani mengklaim bahwa VW ID Buzz mampu melaju sejauh kira-kira 435 km dengan dua motor listrik yang memiliki kemampuan 369 horsepower.

Tak hanya itu, mobil ini juga dikembangkan sebagai kendaraan otonom sehingga kursi pengemudi bisa diputar berbalik 180 derajat menghadap belakang dan kemudi bisa dilipat secara otomatis ke dalam dashboard.

"Penamaan Buzz pada mobil ini kami ambil dari kata Bus. Sedangkan ID merupakan beberapa singkatan atau istilah dari Idea, Identity atau Intelligent Design," tambah perwakilan Volkswagen.

Patut untuk kita ketahui bersama, VW ID Buzz bukanlah konsep mobil listrik pertama yang diperlihatkan oleh Volkswagen. Sebelumnya, diajang CES tahun lalu Volkswagen juga sudah memperkenalkan VW BUDD-e Concept yang juga terinspirasi dari VW Microbus.