Lepaskan Unit Bisnis Internet ke Verizon, Yahoo atau Altaba Masih Punya 'Mesin Uang' Lain. Apa Saja?

Tanggal : Selasa, 10 Januari 2017 - 21:00 WIB
Penulis : Iwan Ramos Siallagan


Lepaskan Unit Bisnis Internet ke Verizon, Yahoo atau Altaba Masih Punya 'Mesin Uang' Lain. Apa Saja?

MOBITEKNO - Walau sempat mengalami proses tarik-ulur, akuisisi Yahoo oleh Verizon, salah satu operator seluler di AS, senilai hampir mencapai US$ 5 miliar, diperkirakan akan segera rampung dalam waktu dekat ini.

Kabar kurang sedap sempat menimpa raksasa Internet di era 90-an itu terkait bocornya 1 miliar akun e-mail Yahoo. Kabar kebocoran data ini membuat Yahoo berada pada posisi sulit dalam proses tawar-menawarnya dengan Verizon yang memasuki tahap finalisasi.

Masalahnya, Verizon mempertanyakan seberapa besar dampak kebocoran data ini jika mereka nantinya mengambil-alih membeli unit bisnis Internet Yahoo, seperti e-mail, search engine, layanan berita Yahoo News, Sports, serta layanan Flickr. Apabila dampaknya cukup signifikan, nilai akhir akuisisi finalnya masih mungkin berkurang.

Unit-unit Yahoo ini nantinya bakal menjadi ‘mesin uang’ baru bagi Verizon melalui iklan digital pada perangkat mobile. Wajar saja, mengingat Verizon harus mengantisipasi pertumbuhan bisnis telekomunikasi tradisionalnya yang kian melambat.

Setelah unit-unitnya lepas ke tangan Verizon, apa langkah Yahoo berikutnya dengan aset mereka yang masih tersisa? Seperti diketahui, Yahoo masih memiliki aset berupa sejumlah saham (15 persen) di perusahaan e-commerce Alibaba dan saham 35 persen di perusahaan Yahoo Japan yang merupakan joint venture-nya dengan SoftBank

Lembaran baru tampaknya akan diawali Yahoo dengan mengganti identitasnya alias rebranding menjadi Altaba. Nama, baru Altaba yang dilaporkan merupakan kombinasi dari ‘alternate’ dan ‘Alibaba’ ini mungkin dipilih karena salah satu keuntungan besar Yahoo selama ini berasal dari 15 persen sahamnya di raksasa e-commerce Tiongkok tersebut.

Persentase sahamnya di Alibaba ini memang terlihat kecil, tapi berdasarkan laporan terakhir, nilainya bisa mencapai hampir US$ 30 miliar. Dengan kata lain, nilainya jauh lebih tinggi dari uang yang didapat Yahoo dengan menjual unit bisnis Internetnya ke Verizon.

Yahoo mungkin harus berterima-kasih kepada co-founder dan mantan CEO Yahoo, Jerry Yang, atas masih besarnya pundi-pundi Yahoo hingga kini. Jerry sukses melakukan negosiasi dengan Jack Ma pada tahun 2005 lalu untuk membeli 40 persen saham Alibaba senilai ‘hanya’ US$ 1 miliar. Kini, nilainya telah berlipat hingga mencapai angka fantastis hampir US$ 30 miliar.

Berdasarkan dokumen ‘U.S. Securities & Exchange Commission’, Yahoo era baru atau Altaba ini akan menjadi perusahaan yang bergerak di bidang investasi (investment company). Perubahan nama juga akan diikuti perubahan manajemen di dalamnya dengan struktur organisasi yang lebih kecil.

Seperti kabar yang sudah santer beredar, Marissa Mayer (CEO Yahoo) dan David Filo (co-founder Yahoo) juga turun dari posisinya masing-masing, meski belum diketahui pasti apakah keduanya masih mendapatkan posisi lain di Altaba atau bahkan Yahii di bawah Verizon atau tidak.