Smartphone Dual Camera Asus ZenFone 3 Zoom Siap Masuk Indonesia. Berapa Harganya?

Tanggal : Rabu, 11 Januari 2017 - 16:00 WIB
Penulis : Iwan Ramos Siallagan


Smartphone Dual Camera Asus ZenFone 3 Zoom Siap Masuk Indonesia. Berapa Harganya?

MOBITEKNO - Asus sudah mengumumkan dua smartphone terbarunya di ajang CES 2017 Las Vegas yang baru saja berakhir. Pertama adalah ZenFone AR yang telah mendukung standar Google Tango AR (Augmented Reality) dan Google DayDream untuk teknologi mobile VR (Virtual Reality).

Smartphone kedua yang tidak kalah menariknya, khususnya bagi pencinta fotografi, adalah Asus ZenFone 3 Zoom (ZE553KL). Smartphone ini dibekali dengan sistem dual-camera seperti pada iPhone 7 Plus yang menyediakan dua lensa dengan effective zoom dan ukuran frame berbeda untuk memotret.

Sebelumnya di pasar lokal sudah beredar beberapa smartphone dengan sistem dual camera, meski di antarnya tidak menerapkan mekanisme dual camera yang identik. Sebut saja salah satunya,seperti iPhone 7 Plus, Huawei P9, dan HTC One M8.

Bedanya dengan iPhone 7 Plus, kedua kamera ganda ZenFone 3 Zoom sudah berkualitas 12 MP dengan sensor Sony IMX 362. Lensanya juga bisa melakukan optical zoom 2.3x. Selain fitur Pixel PDAF, 3 axis EIS, 4 axis OIS, laser autofokus, auto HDR, dan dual flash LED, lensanya juga dapat melakukan optical zoom hingga 2.3x (total zoom menjadi 12x).

Asus ZenFone 3 Zoom juga dilengkapi dual-pixel autofocus (pertama dierkenalkan Galaxy S7) agar hasil foto tetap fokus dan tajam di berbagai kondisi pencahayaan. Modul kamera utamanya sudah mengusung aperture f/1.7 yang diklaim Asus bisa menghasilkan foto yang tetap baik pada kondisi minim cahaya.

Kamera depan atau selfie ZenFone 3 Zoom juga tidak kalah mumpuni karena dibekali dengan sensor 13 MP dengan aperture f/2.0, ukuran sensor 1/3 inci, screen flash, dan video recording Full-HD.

Meski tidak memilki spesifikasi prosesor high-end, seperti iPhone 7 Plus atau Huawei P9, kehadiran Zenfone 3 Zoom di ajang CES 2017 cukup menarik perhatian banyak mata pengunjung selama pameran berlangsung.

Zenfone 3 Zoom datang dengan layar AMOLED 5,5 inci (Full-HD, 1080 x 1920 pixel, 441 ppi) dengan proteksi Gorilla Glass 5. Dapur pacunya ‘masih’ mengandalkan prosesor octa-core Qualcomm MSM8953 Snapdragon 625 (CPU Octa-core Cortex-A53 2.0 GHz dan GPU Adreno 506) dengan dukungan RAM 4GB, dan tiga pilihan internal storage (32GB, 64GB, 128 GB).

Zenfone 3 Zoom yang juga menyediakan slot microSD (mendukung hingga kapasitas 256 GB) telah terpasang dengan Android Marshmallow v6.0.1 dengan dilapis interface ZenUI 3.0.

Asus Zenfone 3 Zoom telah mendukung koneksi dual SIM (dual stand-by) 4G LTE, Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, Bluetooth v4.2, GPS, USB Type-C 1.0, dan USB On-The-Go. Fitur sensor sidik jadi (fingerprint scanner), dan radio FM juga sudah disematkan Asus. Satu lagi yang menarik, Zenfone 3 Zoom bakal ditenagai baterai Li-Ion (non-removable) dengan daya tahan lama karena sudah berkapasitas 5000 mAh.

Kabar terakhir, Asus Zenfone 3 Zoom sudah lulus uji TKDN di Kementerian Perindustrian RI. Jadi, diprediksi mulai akhir bulan Februari mendatang, smartphone yang ditawarkan dengan varian warna Navy Black, Glacier Silver, dan Rose Gold ini siap dipesan konsumen di Indonesia. Meski belum diumumkan Asus, harga smartphone Zenfone 3 Zoom diperkirakan akan dipatok di sekitar angka Rp 6 jutaan. Berminat?