Jangan Ragukan Lagi Kemampuan Kamera Smartphone untuk Abadikan Momen

Tanggal : Kamis, 23 Maret 2017 - 15:40 WIB
Penulis : Desmal Andi


Jangan Ragukan Lagi Kemampuan Kamera Smartphone untuk Abadikan Momen

MOBITEKNO - Perkembangan smartphone yang bergitu cepat turut berdampak kepada salah satu fitur penting dalam smartphone tersebut, yaitu kamera. Tidak heran jika saat ini banyak pengguna smartphone berlomba-lomba menjadi seorang “fotografer” dan memamerkan hasil jepretannya di akun media sosial mereka. Inilah sedikit gambaran yang diungkapkan Arbain Rambey, fotografer senior harian kompas, saat meluncurkan sebuah buku bertjudul “Adventure Smartphone Photography 2” bersama Advan, salah satu brand smartphone lokal yang ada di Indonesia. Acara peluncuran ini diselenggarakan di Foundry 8, Jakarta, 23/3/2017.

Di dalam buku tersebut, Arbain memamerkan semua hasil karya fotonya dari berbagai tempat eksotik di Indonesia dengan menggunakan kamera smartphone Advan G1. Dengan pengalamannya sebagai seorang fotografer andal, Arbain membuktikan bahwa hasil kamera pada sebuah smartpbone kini tidak ada bedanya dengan hasil jepretan kamera DSLR. Justru, dengan kamera smartphone, semua bisa dilakukan dengan lebih mudah dan cepat.

“Kemampuan kamera pada smartphone sudah sama dengan kamera DSLR dalam kondisi-kondisi tertentu,” ujar Arbain Rambey di Foundry 8. “Bahkan, dengan smartphone, menangkap adegan bisa dilakukan lebih cepat, tanpa harus disibukkan dengan pemilihan jenis lensa yang sering memakan waktu saat ingin mengambil objek gambar di sebuah tempat,” tambah Arbain.

Advan G1 sendiri merupakan smartphone yang dilengkapi dengan berbagai fitur menarik di dalamnya. Selain kamera berkemampuan 13 MP (belakang) dan 8 MP (depan), smartphone ini sudah dilengkapi dengan fingerprint yang dapat difungsikan untuk berbagai hal.

“Bayangkan, di rentang harga Rp 2 juta hingga Rp 2,5 juta,Advan G1 tampil dengan kemampuan yang luar biasa. Bahkan, audio pada Advan G1 merupakan salah satu audio yang terbaik karena dapat menghadirkan suara yang kencang dan jrnih,” kata Andi Gusena,Brand Director Advan di kesempatan yang sama. “Bahkan, pembuatan smartphone Advan G1 melibatkan konsumen tanah air melalui survei yang panjang,” lanjut Andi.

Dalam mengambil gambar, Advan G1 tidak hanya mengandalkan sensor serta resolusi besar saja, tetapi kameranya juga dirancang sedemikian rupa sehingga dapat menggunakan fitur canggih seperti “Shake to Shot” sebagai cara tercepat untuk selfie. Dengan mode ini, pengguna tinggal melakukan “Shake” (goyangan) pada smartphone untuk mengambil gambar.