Konsorsium Penyedia Layanan IT Dipercaya Bangun Data Center Bank Nasional Papan Atas

Tanggal : Kamis, 18 Mei 2017 - 11:36 WIB
Penulis : Eko Lannueardy


Konsorsium Penyedia Layanan IT Dipercaya Bangun Data Center Bank Nasional Papan Atas

MOBITEKNO - Salah satu bank papan atas di Indonesia telah memilih NTT Group yang terdiri dari NTT Communication, NTT Facilities dan Dimension Data untuk membangun sekaligus mengelola data center generasi terbaru yang akan berlokasi di Jakarta.

Dimension Data yang tergabung ke dalam konsorsium ini akan bertanggung jawab untuk proses desain dan pemasangan jaringan, implementasi perangkat keras, Physical to Virtual Migration (P2V), pemindahan dan pengetesan aplikasi, backup serta proses replikasi selama 12 bulan masa perawatan yang sudah disepakati.

"Ketika kesuksesan bisnis suatu perusahaan dengan terpaksa harus dipindahkan, hal tersebut akan memicu kesempatan dalam proses pembuatan konsep pusat data, dengan menggunakan solusi terbaru dan tenaga kerja yang diperlukan dalam pengelolaan pusat data tersebut," ujar Hendra Lesmana, CEO Dimension Data Indonesia.

Ditambahkan oleh Lesmana, hal ini juga memungkinkan proses pemindahan data dari kantor pusat, termasuk keseluruhan perangkat pengguna di dalamnya, dengan penghematan keuangan jangka panjang dan proses bisnis yang lebih baik.

“Bagaimanapun, klien tetap membutuhkan partner IT yang berpengalaman. Konsorsium yang kami bangun sudah memenuhi persyaratan yang diminta dan telah memenangkan tender yang digelar. Untuk itulah, solusi end-to-end kami tawarkan. NTT akan bertindak sebagai pemimpin proyek, berkolaborasi dengan Dimension Data Indonesia", tambah Lesmana.

Sebagai pendukung proses perancangan dan pelaksanaan backup serta replikasi dari solusi database yang sudah dimiliki klien tersebut ke dalam database yang baru, Dimension Data telah membangun Unix baru yang menjadi tumpuan utama sistem tersebut.

Tim layanan profesional mereka juga akan diposisikan sebagai pemain penting dalam proses penyediaan konsultasi teknologi, instalasi perangkat keras, pemindahan, dan relokasi layanan. Sedangkan NTT Facilities akan berperan merancang fasilitas data center baru tersebut agar sesuai dengan standar level Tier-III.   

"Pusat data yang kami bangun akan memberikan tingkat ketersediaan yang tinggi serta memiliki kemampuan lima kali lipat lebih baik untuk proses akses data dan aplikasi. Tak hanya itu, pusat data ini juga dibuat lebih fleksibel untuk pengembangan di masa depan dan tentunya jaminan keamanan," pungkas Lesmana.