Tampil di CES 2017 Sejak Awal Tahun, ZenFone AR Akhirnya Siap Dipasarkan

Tanggal : Senin, 19 Juni 2017 - 15:00 WIB
Penulis : Iwan RS


Tampil di CES 2017 Sejak Awal Tahun, ZenFone AR Akhirnya Siap Dipasarkan

MOBITEKNO - ASUS sudah memperkenalkan ZenFone AR sebagai smartphone pertama yang mendukung teknologi Google Tango (mobile AR) dan Daydream (mobile VR) sejak Januari lalu di ajang CES 2017 Las Vegas.

Mengingat tahun 2017 sudah hampir memasuki paruh kedua, pemerhati teknologi AR (Augmented Realilty) dan VR (Virtual Realilty) mungkin banyak yang bertanya mengenai kabar selanjutnya mengenai dari smartphone tersebut. Terlebih, seputar jadwal kehadirannya di pasar.

Pertanyaan ini terjawab setelah Google yang bertanggung jawab langsung dengan standar Tango dan Daydream mengindikasikan bahwa ZenFone AR akan dipasarkan mulai pertengahan Juni ini.

Menurut My Drivers, salah satu smartphone pertama dengan RAM 8 GB ini akan mulai hadir di pasar negara asalnya Taiwan dengan harga TWD 24.990 (sekitar US$ 825). Harganya terbilang premium ini bisa dipahami mengingat statusnya sebagai smartphone pertama yang mendukung standar Google Daydream dan Tango sekaligus.

Sebelumnya, produsen Lenovo juga telah menghadirkan Phab 2 Pro sebagai smartphone pertama yang mendukung teknologi AR Google Tango meski belum mendukung teknologi Google DayDream. Mengingat segmentasinya yang spesifik, distribusi Phab 2 Pro bisa dikatakan relatif terbatas. Apakah ZenFone AR juga akan mengalami 'nasib' yang tidak jauh berbeda dari Phab 2 Pro? Masih perlu ditunggu nanti.

Sesuai harganya, ZenFone AR membawa spesifikasi premium, seperti layar 5,7-inch (Super AMOLED, resolusi QHD), prosesor Qualcomm Snapdragon 821, opsi RAM 6 GB/8 GB, empat opsi internal storage (32 GB, 64 GB, 128 GB, dan 256 GB, dan bisa diperluas via MicroSD, serta ditenagai baterai berkapasitas 3.300 mAh.

Fitur paling menarik dari ZenFone terletak di sisi belakang yang dilengkapi dengan tiga modul kamera. Konfigurasi multi kamera wajib hukumnya agar dapat mendukung teknologi Tango. Dua kamera dibutuhkan untuk mengukur kedalaman objek (depth) dan kamera lain untuk mengukur gerakan (motion).

Selain kamera ketiganya (23 MP, 4-axis OIS, EIS, and 3x zoom) yang didukung dual LED flash, ZenFone AR juga dilengkapi dengan kamera selfie 8 MP di si depan (juga dengan dual LED flash). Selain di Taiwan, Asus juga berencana memasarkan ZenFone AR di pasar Ameria Utara pada Juli nanti. Bagaimana dengan pasar di negara Asia lainn, termasuk Indonesia? Kita tunggu saja kabar selanjutnya dari Asus.