KASKUS dan GDP Labs Dukung Komunitas INACL, Majukan Komputasi Linguistik di Tanah Air

Tanggal : Selasa, 11 Juli 2017 - 19:00 WIB
Penulis : Eko Lannueardy


KASKUS dan GDP Labs Dukung Komunitas INACL, Majukan Komputasi Linguistik di Tanah Air

MOBITEKNO - KASKUS dan GDP Labs berkomitmen untuk terus mengimplementasikan teknologi terkini guna menghadirkan pengalaman terbaik untuk brand maupun user dalam menggunakan produknya, salah satunya adalah melalui pengaplikasian Machine Learning. Untuk mewujudkan hal ini, KASKUS dan GDP Labs menggandeng komunitas Indonesian Association for Computational Linguistics (INACL).

Kerjasama ini juga diwujudkan dalam bentuk dukungan KASKUS serta GDP Labs pada pelaksanaan The 3rd Workshop of Indonesian Association for Computational Linguistics yang akan dilaksanakan pada tanggal 12 dan 13 Juli 2017 di Universitas Bina Nusantara, Kampus Anggrek, Jakarta.

Workshop Indonesian Association for Computational Linguistics ini sendiri merupakan workshop yang diinisiasi oleh komunitas INACL. Kehadiran komunitas INACL juga bertujuan untuk mendorong peningkatan komputasi linguistik, khususnya Bahasa Indonesia dan bahasa daerah Indonesia.

On Lee, COO KASKUS yang juga menjabat sebagai CEO & CTO GDP Labs melalui rilis yang dikirim ke Mobitekno.com menegaskan bahwa saat ini KASKUS telah mengimplementasikan teknologi Machine Learning ke dalam Forum Jual Beli atau FJB. Sedangkan GDP Labs mengaplikasikanya dalam chatbots, aplikasi pendeteksi konten berita/artikel viral dan juga topic modelling. 

"Kami berharap, KASKUS dan GDP Labs dapat terus berkontribusi untuk memajukan teknologi Machine Learning di Indonesia. Tentunya hal ini dapat tercapai jika terdapat kerjasama antara bidang akademis dan industri yang salah satunya kami wujudkan dalam kerjasama dengan komunitas INACL," ujar On Lee.

Sementara, Dr. Eng. Ayu Purwarianti, ST.,MT., Ketua Komunitas INACL menuturkan, "Kami melihat bahwa KASKUS juga GDP Labs sangat konsisten dan terus update untuk mengedepankan pengimplementasian Machine Learning di setiap produk yang dimiliki. Oleh karena itu, kami tidak salah jika bergandengan tangan dengan mereka, salah satunya melalui bidang komputasi linguistik."

Ditambahkan oleh Ayu, KASKUS dan GDP Labs juga sangat terbuka untuk bertukar pandangan, terutama terkait dengan pengalaman berdasarkan studi kasus yang mereka miliki bersama INACL. Diharapkan, kerjasama ini bisa terus terjalin antara bidang akademis dan industri, baik untuk meningkatkan kompetensi komputasi linguistik maupun juga Machine Learning di Tanah Air.

KASKUS merupakan social commerce platform terbesar di Indonesia yang dikenal dengan Forum dan Jual Beli (JB) serta memiliki lebih dari 9,8 juta member dan 20.000 komunitas. Sementara, GDP Labs dikenal sebagai perusahaan pengembang software yang berbasis di Indonesia. Keduanya merupakan perusahaan yang berada dibawah naungan GDP Venture.