Solusi Dapatkan Dana Tambahan Lebih Cepat, Manfaatkan Saja OLX

Tanggal : Senin, 17 Juli 2017 - 08:00 WIB
Penulis : Eko Lannueardy


Solusi Dapatkan Dana Tambahan Lebih Cepat, Manfaatkan Saja OLX

MOBITEKNO - Pengeluaran masyarakat cenderung meningkat selama bulan Ramadan, seiring bertambahnya pendapatan setelah Tunjangan Hari Raya diberikan. Tidak jarang pengeluaran tersebut bersifat impulsif—membeli barang-barang yang sebenarnya tidak diperlukan. 

Hal tersebut terlihat dari adanya peningkatan transaksi pada sejumlah situs belanja online, baik marketplace maupun e-retail, selama bulan Ramadan. Berbagai program promosi dan diskon, mendorong masyarakat untuk berbelanja dan bertransaksi. Peningkatan transaksi pun mencapai 20% di awal Ramadan, dan terus meningkat hingga 50%, jelang Lebaran.

Selain pengeluaran untuk berbelanja jelang Lebaran, masyarakat yang memiliki anak usia sekolah juga harus mengeluarkan biaya persiapan tahun ajaran baru. Pengeluaran dalam jumlah besar di waktu yang relatif singkat akan memengaruhi kondisi keuangan seseorang. 

Melihat fakta-fakta tersebut, tidak heran jika banyak rumah gadai yang ramai dikunjungi oleh masyarakat. Rumah gadai dinilai dapat menjadi solusi untuk mendapatkan dana tambahan dalam waktu yang relatif singkat. Padahal, menggadaikan barang bukanlah satu-satunya solusi. 

Di era digital ini, menemukan pemilik baru untuk barang-barang yang tidak terpakai menjadi lebih mudah. Dengan memanfaatkan platform iklan baris seperti OLX, penjual atau pemilik barang dapat menjangkau calon pembeli yang lebih luas, daripada hanya memanfaatkan koneksi pertemanan yang ada.

"OLX, platform online yang kami kembangkan membangun bisnisnya untuk memastikan setiap penjual mendapat calon pembeli, dan setiap pembeli juga bisa mendapatkan barang yang diinginkannya dengan mudah dan cepat. Tentu saja ini sebuah trobosan yang sangat menarik," ujar Edward Kilian, Chief Marketing Officer OLX Indonesia.

Ditambahkan oleh Edward, barang yang sudah tidak dipakai (barang bekas) ternyata memiliki banyak peminat. Smartphone merk Samsung atau Apple yang dijual melalui OLX, dapat laku dalam waktu kurang dari satu hari. Rata-rata harga smartphone yang laku, berada di kisaran 1,7 juta rupiah hingga 2,9 juta rupiah. 

"Dengan kondisi seperti ini, alangkah baiknya jika masyarakat dapat memanfaatkan platform iklan baris online untuk menjual barang bekas dan mendapatkan dana tambahan dari hasil penjualannya. Tentu saja, OLX sebagai platform iklan baris online dapat dimanfaatkan seperti itu," jelas Edward.

Selain smartphone, barang-barang lain yang dapat dijual dengan cepat di OLX adalah barang-barang elektronik seperti kipas angin, AC, ataupun laptop. Untuk barang-barang ini, 50% dari iklan yang dipasang, laku dalam waktu kurang dari satu minggu.

"Barang-barang bekas dengan kondisi baik, bisa sewaktu-waktu diubah menjadi dana tambahan. Dengan tingkat liquidity (barang laku) di OLX yang tinggi, kami yakin masyarakat akan mendapatkan dana tambahan dengan cepat melalui platform yang  kami bangun ini," tutup Edward.