Terus Dibenahi, Google Duo Sentuh Angka Lebih Dari 100 Juta Unduhan

Tanggal : Senin, 17 Juli 2017 - 11:00 WIB
Penulis : Eko Lannueardy


Terus Dibenahi, Google Duo Sentuh Angka Lebih Dari 100 Juta Unduhan

MOBITEKNO - erita gembira datang dari raksasa internet, Alphabet. Ya! aplikasi Google Duo yang mereka kembangkan telah melampaui lebih dari 100 juta unduhan. Hal ini bisa Anda lihat langsung di marketplace milik Google, Play Store.

Saat pertama kali diperkenalkan pada pertengahan Agustus tahun lalu, aplikasi layanan video call ini memang cukup menjanjikan. Satu minggu debutnya, jumlah unduhan sudah mencapai lima juta.

Namun seiring perjalanannya, Google Duo kurang berhasil mempertahankan daya tariknya. Walupun jumlah unduhan merangkak naik, tetapi tidak sesuai dengan yang diharapkan.

Pada akhirnya, Alphabet sebagai perusahaan yang pertama kali memperkenalkan Google Duo berhasil meramu aplikasi ini secara apik. Hasilnya, dua bulan setelah diperkenalkan, jumlah unduhannya mencapai 50 juta.

Google Duo menyentuh angka lebih dari 100 juta ini sekaligus membuktikan bahwa Alphabet benar-benar berhasil untuk menjaga segala perbaikan yang dilakukannya. 

Pencapaian ini juga bisa dikatakan sebagai hadiah terindah bagi Google Duo. Mengapa? Karena satu bulan lagi, atau persinya Agustus 2017 aplikasi ini sudah berusia satu tahun.

Alphabet awalnya memperkenalkan Google Duo sebagai aplikasi video call yang terlihat cukup sederhana, namun memiliki antarmuka atau interface yang lebih intuitif.

Filosofi desainnya yang efesien memungkinkan layanan ini menjadi lebih mudah untuk diakses oleh pengguna dibandingkan para pesaingnnya. Bisa jadi, kemampuan terbatas inilah yang menjadikan pertumbuhan Duo melambat.

Tak mau melihat aplikasi yang dikembangkannya mati suri, Alphabet perlu melakukan sebuah tindakan. Langkah berani yang dilakukan adalah men-tweak aplikasi ini.

Ya! akhirnya Alphabet perlu men-tweak strategi produk yang dikembangkannya ini. Diputuskan, aplikasi video call ini membuka pintu alias mengizinkan penggunanya untuk melakukan panggilan suara atau voice call.

Perkembangan terakhir, ada kemungkinan raksasa teknologi ini akan terus memperkenalkan banyak fitur menarik ke dalam Google Duo. Tentu saja langkah ini perlu diambil, agar aplikasi ini bisa menangkap pengguna lebih banyak lagi.

Harapan banyak pengguna lainnya, Alphabet nantinya bisa membuat aplikasi video call ini memiliki kompabilitas yang lebih baik dengan sistem operasi Android O. Terlebih bisa bekerja dengan optimal pada perangkat smartphone miliknya.

Seperti kita ketahui bersama, memang tak lama lagi Google sebagai perusahaan yang berada di bawah bendera Alphabet akan menggulirkan sistem operasi mobile terbarunya, Android O serta smartphone Google Pixel 2 dan Pixel 2 XL.