Update Android 8.0 akan Dikemas Huawei Sebagai ROM EMUI 6

Tanggal : Senin, 17 Juli 2017 - 17:00 WIB
Penulis : Iwan RS


Update Android 8.0 akan Dikemas Huawei Sebagai ROM EMUI 6

MOBITEKNO - Update Android 8.0 akan diumumkan secara resmi oleh Google setelah versi Developer Preview beredar dan diuji oleh berbagai pihak beberapa waktu lalu. Seperti produsen lain, Huawei juga bersiap-siap merilis update untuk beberapa lini smartphone-nya setelah Google memberikan lampu hijau untuk merilis Android 8.0 versi final.

Berdasarkan informasi yang beredar dari microblogging Weibo, Huawei akan menggulirkan update yang berbasis Android 8.0 dalam ROM mendatang, yaitu EMUI 6 (Emotion UI 6). Konfirmasi juga diberikan oleh Yu Chengdong, CEO Huawei Consumer BG & Huawei Device yang disampaikannya pada ajang China Internet Conference 2017 di Beijing.

Seperti update EMUI sebelumnya, EMUI 6 akan tersedia untuk merek/brand Huawei dan Honor. Kabar EMUI 6 akan berbasis Android 8 (Android O) bukan suatu kejutan mengingat EMUI 5/5.1 yang ada saat ini sudah berbasiskan Android 7.x.

Meskipun sudah menjanjikan EMUI 6 akan berbasis Android 8, Huawei belum mmenyebutkan secara rinci, smartphone mana saja yang kebagian update terbaru ini. Seri yang hampir pasti akan mendapat update EMUI 6 adalah Huawei Mate 9, P10, dan Honor 9.

Sayangnya, fitur-fitur baru apa saja yang diusung EMUI 6 tidak dijelaskan secara rinci oleh CEO Huawei tersebut. Ia hanya menyebutkan bahwa EMUI 6 akan berjalan lebih optimal atau cepat dari firmware/ROM MIUI 5 yang duisung oleh pesaingnya Xiaomi.

Selain peningkatan efisiensi, performa, dan kestabilan, berdasarkan fitur baru Android 8 yang selama ini sudah diujicoba, EMUI 6 akan menyertakan fasilitas notifikasi yang lebih lengkap dan hadirnya fitur picture-in-picture.