Google Gunakan AI untuk Edit Foto

Tanggal : Senin, 17 Juli 2017 - 20:00 WIB
Penulis : Desmal Andi


Google Gunakan AI untuk Edit Foto

MOBITEKNO - Berkembangnya teknologi robot kadangkala membuat manusia merasa sedikit khawatir. Pasalnya, kemampuan robot dengan teknologi Artificial Intelligene (AI) di dalamnya semakin mendekati apa yang ada pada manusia. Namun, dibalik itu semua, AI memang semakin memudahkan manusia dalam melakukan berbagai hal. Contohnya dapat dilihat pada apa yang barus saja dilakukan Google.

Ya, dilansir dari Ubergizmo, Google menggunakan teknologi AI untuk mempelajari sebuah foto. Mesin AI akan menganalisis foto dan selanjutnya bisa berpikir layanya fotografer profesional. Mesin AI akan meniru alur kerja dari seorang fotografer profesional. Hasilnya, tentu saja foto menjadi lebih bagus.

Dalam melakukkan proses edit foto, mesin AI pada Google akan menganalisis foto dan layaknya seorang fotografer profesional, ia akan mengubah komposisi foto seperti yang ada di pikiran fotografer. Dalam hal ini, mesin akan menggunakan panorama landscape dari Google Street View, memlepajarinya, dan mengeluarkan hasilnya.

Contohnya bisa dilihat pada gambar di bawah. Jika secaara tiba-tiba foto ini disodorkan ke Anda, Anda mungkin tidak percaya bahwa foto yang atas sebenarnya diambil dari gambar yang ada di Google Street View. Foto terllihat seperti diambil oleh fotografer profesional. Untuk menguji kepintaran mesin AI ini, Google bahkan meminta fotografer profesional untuk menilai hasil editannya. Dan ternyata fotografer ini sepakat mesin AI pada Google sudah meningkat dari semi pro ke pro.