Equnix:  Sistem Database Open Source PostgreSQL Lebih Andal dan Bisa Lebih Hemat 90%

Tanggal : Kamis, 20 Juli 2017 - 14:50 WIB
Penulis : Karyo
Editor : Desmal Andi


Equnix:  Sistem Database Open Source PostgreSQL Lebih Andal dan Bisa Lebih Hemat 90%

MOBITEKNO-  Penggunaan solusi open source kini semakin  banyak digunakan bukan hanya oleh kalangan individual, UKM atau starup  saja. Namun pada level  enterprise atau perusahaan-perusahaan berskala global sekalipun kini sudah semakin banyak digunakan. Dari survey yang dilakukan oleh Black Duck Software dan North Bridge pada tahun 2015 menunjukan bahwa 78% bisnis menjalankan sebagian atau keseluruhan operasional software-nya menggunakan software open source. 

Menurut keterangan dari PT Equnix Business Solutions ( Equnix), salah satu perusahaan lokal penyedia jasa  solusi teknologi informasi berbasis open source terutama PosgreSQL, menerangkan bahwa kini banyak perusahaan-perusahaan besar yang  telah beralih atau bermigrasi dari software closed source ke software open source. Bahkan banyak juga yang telah bermigrasi dari sistem open source berlisensi ternama dan berbayar kini bermigrasi ke open source yang tidak berbayar.

Realita di pasar juga menunjukan bahwa penggunaan sistem operasi mobil seperti Android kini semakin meningkat. Software open source ini,  kini menguasai 90% pasar sistem operasi mobile. Menurut CEO Equnix, Julianto Sutandang, mengungkapkan bahwa tren di dunia juga menunjukan bahwa perusahaan-perusahaan kelas dunia seperti Cisco, NEC, NTT Data, Fujitsu, Yahoo, Amazone, Skype, Instagram, dan banyak perusahaan lain menggunkan sistem data basenya menggunakan open source PosgreSQL. 

Sementara untuk di Indonesia sendiri berdasarkan  data klien yang ditangani oleh Equnix menunjukan bahwa banyak perusahaan besar kini menggunakan  sistem data base PostgreSQL. “ Bank terbesar di Asia Tenggara, seperti DBS juga kini menggunakan PostgreSQL,” ujar Julianto Sutandang, CEO Equnix, di Jakarta. Di Indonesia  nama-nama besar yang menggunakan solusi open source tersebut diantaranya Bank BCA, Mandiri,Danamon,BJB,Bank Resona Perdania, Adira Finace, TrueMoney, PT EDII, Transmart  Carrefour, XL Axiata dan masih ada bebrapa perusahan lainnya.

Menurut  Julyanto, penggunaan PostgreSQL   diklaim lebih murah dan lebih andal dibandingkan dengan menggunakan sistem lainnya yang berbayar dan berlisensi. Bahkan  Julyanto berani mengatakan bahwa penggunaan PostgreSQL  bisa lebih hemat 90% dibandingkan dengan mennguankan sistem operasi berbayar lainnya.  “ Saya berani mengatakan bahwa menggunakan sistem ini akan lebih hemat 90% dibandingkan dengan menggunkan sistem lainnya yang  berbayar,” ujar Julyanto, saat bincang-bincang dengan media di Jakarta, Rabu ( 19/07/2017).

Selain itu menurut  Julyanto, dengan menggunakan sistem tersebut  operasinya juga menjadi lebih cepat  3x lipat dibandingkan dengan menggunakan sistem lainnya.  Julyanto mencontohkan hal itu seperti yang diterapkan di PT EDII dan True Money.  Selain itu menurut Julyanto, dengan bermigrasi menggunakan sistem PostgreSQL tersebut, tidak akan mengganggu sistem operasional di permukaan atau sistem kerja yang sudah berjalan. Hal itu karena proses  migrasi sistemnya berada di dalam.

Meski demikian menurut  Jul, begitu biasa disapa, untuk mengimplementasikan sistem open source PostgreSQL tersebut membutuhkan keahlian atau expert tersendiri. Dalam hal ini, menurut  Jul, Equnix telah memiliki pengalaman dan expert tersendiri di sistem open source tersebut. 

“Penerapan  sistem database PostgreSQL dalam bisnis kelas enterprise menuntut penanganan tenaga ahli dan profesional, agar performa perusahaan yang menggunakan sistem ini dapat sebanding dengan sistem database berbayar. Oleh sebab itu kami didukung oleh 5 ahli bersertifikat  Enterprise PostgreSQL Assosiate dan Enterprise PosgreSQL Professional,“  tutup Julyanto.