MS Paint akan Tetap Eksis Sebagai Aplikasi di Windows Store

Tanggal : Selasa, 25 Juli 2017 - 16:30 WIB
Penulis : Iwan RS


MS Paint akan Tetap Eksis Sebagai Aplikasi di Windows Store

MOBITEKNO - Microsoft dikabarkan akan mencabut software/program MS Paint dari Windows 10 menjelang kehadiran Windows 10 Fall Creators Update dalam waktu dekat ini. Banyak yang menduga program ini akan hilang selamanya karena tidak lagi dikembangkan oleh Microsot ke depannya.

Ternyata asumsi ini tidak sepenuhnya benar. Program image editor yang tidak pernah absen di Windows selama 32 tahun ini memang akan dicabut ke depannya. Namun, MS Paint tidak hilang sama sekali karena masih dapat di-install kembali oleh pengguna setianya.

Seperti dijelaskan Microsoft sebelumnya, beberapa program internal akan dicabut dari Windows 10 generasi mendatang. Selain MS Paint, program lainya yang dicabut dari Windows antara lain, Outlook Express, 3D Builder app, Reader and Reading List, TPM password management, dan lain-lain.

Namun eksistensi program tersebut tidak sepenuhnya hilang dari ekosistem Windows. Pada blog Windows Experience Blog, Megan Saunders, GM dari '3D for Everyone Initiative' menyatakan jika MS Paint masih dapat diakses pengguna Windows melalui layanan aplikasi Windows Store.

Belum diketahui pasti apakah MS Paint yang ada di Windows Store juga akan dikembangkan lebih lanjut atau hanya sebagai 'koleksi' aplikasi. Saat ini Microsoft lebih memfokuskan pengembangan program editor lainnya, Paint 3D yang sudah termuat sebagai program internal Windows Creators Update yang dirilis awal tahun ini.