Tingkatkan Peran Developer, Samsung Gelar Program Indonesia Next Apps

Tanggal : Senin, 07 Agustus 2017 - 11:25 WIB
Penulis : Desmal Andi


Tingkatkan Peran Developer, Samsung Gelar Program Indonesia Next Apps

MOBITEKNO - Developer aplikasi menjadi salah satu daya tarik ramainya aplikasi-aplikasi di perangkat mobile. Oleh sebab itu, peran para developer ini, terutama developer lokal perlu ditingkatkan agar inovasi-inovasi baru tetap tumbuh. Samsung Electronics Indonesia juga sadar bahwa inovasi harus selalu dibenamkan kepada setiap produk yang dihasilkan para developer lokal. Hal inilah yang membuat Samsung menyelenggarakan program Indonesia Next Apps (INA) guna membantu generasi muda untuk meningkatkan perannya dimana teknologi sudah menjadi bagian hidup masyarakat.

“Indonesia Next Apps ini merupakan bentuk kepedulian Samsung dalam mengembangkan developer lokal melalui pembekalan teknis yang memberikan materi – materi teknis agar mampu menghasilkan aplikasi yang bermanfaat untuk kehidupan masyarakat Indonesia,” kata Denny Galant, IT & Mobile Product Marketing head Samsung Electronics Indonesia. “Setiap tahun peserta INA semakin tinggi antusiasme peserta mendaftarkan aplikasi kreatif mereka, sehingga kami berharap lebih dari 500 aplikasi baru didaftarkan untuk menjawab tantangan yang diberikan tahun ini. Tahun ini merupakan tahun keempat kami menyelenggarakan Indonesia Next Apps dan senang sekali dapat bekerja sama dengan partner dari beberapa industri seperti BRI, Jakarta Smart City, Sinarmas Land, Angkasa Pura dan IBM,” tambah Denny.

Berbagai tantangan diberikan pada Indonesia Next Apps 4.0 kali ini. Tantangan-tantangan untuk para developer tersebut dibagi dalam beberapa kategori seperti kategori aplikasi Tizen Smartphone, Tizen Wearable, konten Gear VR, Samsung SDK, hingga aplikasi berbasis industri. Banyaknya kategori tantangan ini diharapkan bisa memancing developer untuk menuangkan ide-ide mereka yang inovatif.

Indonesia Next Apps 4.0 kali ini diselenggarakan mulai 25 Juli 2017 ditandai dengan workshop pertama diselenggarakan di kota Semarang dan dilanjutkan dengan kota-kota lain, yaitu Yogyakarta, Malang, Surabaya, Jakarta, Bandung, Medan dan Makasar. Di setiap kota, Indonesia Next Apps 4.0 mengadakan pembekalan teknis (workshop) serta diskusi teknis yang kami sebut Code Night. Peserta dapat meregistrasikan aplikasi kreatifnya melalui situs: www.IndonesiaNextApps.com. Malam Penghargaan merupakan acara puncak Indonesia Next Apps 4.0 akan dilakukan pada bulan Oktober 2017 dengan ditandai oleh acara Penilaian Akhir (Final Judging) untuk memilih aplikasi terbaik yang telah dikirimkan oleh para lokal developer.