GIIAS 2017

Ingin Suara Mesin Diesel Common Rail Lebih Halus? Pertamina Bakal Kenalkan PertaDex HQ di Ajang GIIAS 2017

Tanggal : Jumat, 11 Agustus 2017 - 11:30 WIB
Penulis : Iwan RS


Ingin Suara Mesin Diesel Common Rail Lebih Halus? Pertamina Bakal Kenalkan PertaDex HQ di Ajang GIIAS 2017

MOBITEKNO - PT Pertamina (Persero) akan memasarkan bahan bakar (BBM) jenis solar baru yang diklaim memenuhi standar EURO 4. Rencananya produk solar Pertadex jenis baru ini akan diumumkan ke publik di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017 di ICE, BCD City, Tangerang Selatan, Banten.

Sebelumnya, Pertamina melalui Refinery Unit (RU) V di Balikpapan sudah memperkenalkan keberhasilan mereka memproduksi BBM bernama Pertamina Dex High Quality atau PertaDex HQ ini.

PertaDex HQ merupakan Pertadex berkualitas tinggi yang dicirikan salah satunya dengan Cetane Number (angka setana) yang tinggi (minimal 53). DEngan Cetane number lebih tinggi, start mesin menjadi lebih mudah, pembakaran lebih cepat, kompresi lebih tinggi (tarikan lebih ringan), dan tentunya suara mesin pun menjadi lebih halus.

Selain itu, PertaDex HQ juga hanya memiliki kandungan pengotor Sulfur maksimal 50 ppm sehingga emisinya lebih bersih (ramah lingkungan). Dengan kata lain artinya PertaDex HQ sudah memenuhi standar kandungan sulfur untuk EURO 4.

Sebagai hasil pengembangan lanjutan Solar Pertadex, proses produksi PertaDex HQ dilakukan melalui mapping kualitas fraksi diesel level akhir. Selanjutnya, proses dilanjutkan dengan uji coba pencampuran komponen (skala lab) dan uji produksi.

Menurut Pertamina, PertaDex HQ cocok untuk mobil bermesin diesel jenis sistem common rail, seperti Toyota Fortuner, Kijang Innova, Mitsubishi Pajero Sport, Chevrolet Trailblazer dan Captiva, serta beberapa mobil diesel Eropa lainnya dari BMW dan Mercedes-Benz.

Sejauh ini informasi mengenai detail harga masih menunggu peluncuran resminya di ajang GIIAS 2017 nanti. Standarisasi bahan bakar EURO 4 seperti PertaDex HQ ini diharapkan akan memberikan keragaman mobil diesel yang beredar di Tanah Air.