Jembatani Investor Muda dan UMKM, Amartha Gelar Festival Film Pendek

Tanggal : Jumat, 11 Agustus 2017 - 09:30 WIB
Penulis : Karyo
Editor : Desmal Andi


Jembatani Investor Muda dan UMKM, Amartha Gelar Festival Film Pendek

MOBITEKNO - Era perkembangan teknologi saat ini telah banyak melahirkan  starup bidang keuangan  atau yang lebih dikenal dengan istilah Fintech,  sebagai  salah satu alternatif  lembaga  keuangan  non bank.  Para fintech inilah yang menjadi solusi keuangan bagi para UMKM yang kebanyakan belum tersentuh oleh bank  yang jumlahnya  mencapai puluhan juta.

Menyadari akan hal itu, Amartha sebagai salah satu Fintech yang telah mendapat ijin dai OJK, kini berupaya untuk lebih mengembangkan dan mensosialisasikan berbagai programnnya. Ssalah satu program yang baru saja diluncurkan Amartha adalah Festival Film Pendek Bertema # Untungnya Terhubung.

Amartha (PT Amartha Mikro Fintek)  sebagai pionir layanan fintech Peer-to-Peer (P2P) Lending untuk usaha mikro yang telah resmi terdaftar OJK, terus berupaya untuk mengajak kalangan milenial dalam berinvestasi sekaligus berkontribusi dalam pemberdayaan usaha mikro dan kecil. Salah satu upaya yang dilakukan adalah melalui gelaran Festival Film Pendek.

Festival ini menawarkan dua kategori, kategori Film Pendek Dokumenter bertema Pemberdayaan Usaha Kecil dan kategori Film Pendek Fiksi bertema Pinjam Meminjam Uang secara Online.

Menurut  Andi Taufan Garuda Putra, CEO dan Founder Amartha, Festival Film Pendek ini bertujuan untuk mewadahi kreativitas para filmmaker untuk turut menginspirasi masyarakat luas turut berperan aktif memberdayakan usaha kecil di Indonesia melalui investasi.

“Amartha terus berupaya untuk mengajak kalangan milenial dalam berinvestasi sekaligus berkontribusi dalam pemberdayaan UMKM,” ujar Taufan saat peluncuran Festival Film Pendek di Jakarta, Selasa (8/08/2017).

Menurut Taufan, ada puluhan juta usaha mikro dan kecil yang terbatas untuk mendapatkan permodalan usaha dan saat ini permodalan bisa dijembatani melalui online. Mereka yang berpotensi untuk menjadi Pemodal adalah kalangan milenial, berusia di bawah 30 tahun dan mayoritas bergaya hidup digital, praktis, serta menyukai media sosial dan komunikasi audio visual berdurasi pendek.

Oleh karenanya Taufan berharap karya-karya film pendek yang lahir dari ajang ini mampu membangun cerita inspiratif yang bisa menggugah minat para filmmaker untuk bersama-sama dengan Amartha berkontribusi memberdayaan para pengusaha mikro dan kecil daerah di Indonesia melalui penanaman investasi secara mudah, aman, tepat, transparan dan berbasis teknologi.

Bagi Amartha, mengajak milenial untuk mulai berinvestasi dari usia muda saat ini selain menjadi momentum yang tepat untuk menggerakkan semangat kepedulian milenial terhadap nilai-nilai gotong-royong dan sosial, yang tidak kalah penting adalah mengajarkan kepada mereka tentang pentingnya mangenal produk-produk investasi.

Festifal Film pendek tersebut akan  memperebutkan hadiah total  Rp. 350 juta. Karya film pendek terbaik untuk setiap kategori berhak mendapatkan hadiah sebesar Rp90 juta, sedangkan karya film pendek terbaik kedua akan menerima hadiah sebesar Rp60 juta. Bagi karya film dengan jumlah like terbanyak di akun facebook Amartha, akan dianugerahi predikat Karya Film Pendek Favorit dan berhak atas hadiah sebesar Rp 50 juta