Rayakan Semangat Nasionalisme, RORI Gelar Parade Kemerdekaan di Tiga Kota

Tanggal : Senin, 21 Agustus 2017 - 16:00 WIB
Penulis : Eko Lannueardy




MOBITEKNO - Royal Riders Indonesia (RORI), komunitas penggemar motor Royal Enfield menekankan pentingnya semangat nasionalisme dan cinta Indonesia. Hal ini mereka buktikan dengan gelaran Parade Kemerdekaan yang dilaksanakan pada hari Minggu, (20/8) kemarin.

Pada acara kali ini, Royal Riders Indonesia bersama lebih dari 100 pengendara Royal Enfield se-Jakarta, berpawai mengelilingi jalan-jalan protokol Indonesia dalam rangka merayakan HUT Republik Indonesia yang ke-72. 

"Jakarta merupakan sebuah melting pot berkumpulnya berbagai elemen suku bangsa, agama dan ras, sehingga menjadi cerminan Indonesia sendiri. Melalui Parade Kemerdekaan, kami berupaya mengingatkan masyarakat Jakarta akan rasa cinta Tanah Air," ujar Captain RORI, Doddy Setty.

Selain itu, Doddy menambahkan bahwa lewat Parade Kemerdekaan, RORI juga berusaha untuk mengingatkan kembali semangat juang para veteran yang bertempur pada masa kemerdekaan serta budaya dan kearifan lokal khas nusantara. 

"Kami juga berharap agar masyarakat Jakarta yang melihat parade kami dapat mengingat kembali sejarah dan budaya Indonesia, bahkan mulai menggali lebih dalam akan nilai-nilai tersebut," tambah Doddy. 

Selain digelar di Jakarta, RORI juga mengadakan event yang sama di Surabaya dan Denpasar lewat chapternya yang ada di kedua kota tersebut. Acara ini juga didukung penuh oleh PT Distributor Motor Indonesia (DMI), selaku APM Royal Enfield di Indonesia.

"Tentunya kami tidak bisa berjalan sendiri dalam membangkitkan semangat nasionalisme di masyarakat Indonesia. Ini adalah tugas kita semua dan kami berterima kasih atas dukungan yang diberikan oleh PT DMI," ungkap Panitia Parade Kemerdekaan RORI Sutan Manurung. 

"Ingat, bahwa sejumlah negara maju seperti Jepang dan Korea Selatan memiliki nasionalisme yang tinggi dan cinta akan budaya lokalnya. Indonesia sebagai bangsa yang kaya dengan sejarah dan budaya, harusnya bisa lebih dari kedua negara tersebut," pungkas Sutan.