Review Last Day on Earth - Survival: Game Zombie yang Bikin Jantung Berdebar!

Tanggal : Senin, 11 September 2017 - 13:19 WIB
Penulis : David
Editor : Desmal Andi


Review Last Day on Earth - Survival: Game Zombie yang Bikin Jantung Berdebar!

MOBITEKNO - Bagi gamer, kata Zombie memiliki arti berbeda dibandingkan khalayak umum. Bila kalangan non-gamer mengaitkan Zombie dengan film horor, gamer menganggapnya sebagai target untuk dihancurkan. Ya, Zombie memang erat dengan topik game yang selalu ada setiap tahunnya, tidak terikat dengan tren atau zaman. Sebab, tipe game tersebut tidak pernah sepi dimainkan gamer.

Itu sebabnya game bertema Zombie selalu dapat ditemui di PlayStore, seperti Last Day on Earth - Survival. Pada game ini, developernya menambahkan satu elemen yang sangat erat dengan dunia ketika bencana Zombie memang benar-benar terjadi, yaitu bertahan hidup. Bukan bertahan hidup lari dari Zombie saja, tetapi juga mencukupi kebutuhan makan dan minum misalnya.

Jadi, game ini lebih mendekati semi-simulasi ketika dunia diserang Zombie. Mengapa hanya semi-simulasi? Sebab tidak semua kebutuhan yang perlu dipenuhi ketika dunia berakhir dapat ditemui dalam game ini. Misalnya kebutuhan untuk tidur atau kondisi kejiwaan yang pasti goyah akibat tekanan bertahan hidup.

Meskipun demikian, Last Day on Earth - Survival merupakan game survival yang sangat menyenangkan untuk dimainkan. Point terbesar yang menjadi nilai jualnya adalah sistem crafting atau membuat beragam barang kebutuhan hidup. Tanpa adanya sistem tersebut, game ini jelas akan menjadi monoton dan tidak menarik, sebab minimnya tujuan permainan, selain bertahan hidup tentunya.

Kelemahan terbesar dari game ini, seperti yang kami sebutkan di atas, adalah minimnya tujuan permainan. Minim dalam arti tidak adanya cerita yang menggerakkan permainan. Ketika bermain, kamu sama sekali tidak menemukan semacam misi atau target selain hidup. Bahkan penyebab terjadinya bencana Zombie sendiri tidak begitu jelas, dan hanya ditemui pada teks di layar loading.



Next Page : Gameplay: Bunuh Zombie, Cari Resource, Ulangi Dari Awal