Digitalisasi Pelaku UKM Indonesia, Bukalapak Kerja sama dengan KOMINFO

Tanggal : Selasa, 12 September 2017 - 17:00 WIB
Penulis : Eko Lannueardy


Digitalisasi Pelaku UKM Indonesia, Bukalapak Kerja sama dengan KOMINFO

MOBITEKNO - Bukalapak terus memperkuat komitmennya untuk memajukan semua pelaku UMKM di Indonesia. Terbaru, Bukalapak bekerja sama dengan Direktorat Pemberdayaan Informatika dari Kementerian Komunikasi dan Informasi (KOMINFO) menggelar roadshow edukasi bagi para pelaku UMKM agar dapat berjualan secara online. 

Kerja sama ini merupakan bentuk dukungan Bukalapak kepada pemerintah, melalui program KOMINFO, yaitu “UMKM Go Online” untuk seluruh wilayah Indonesia. Rangkaian roadshow dan edukasi ini akan diadakan di beberapa kota dan kabupaten dalam periode Agustus 2017 hingga Desember 2019.

Kegiatan roadshow dan edukasi yang diadakan oleh Bukalapak dan KOMINFO ini mengundang lebih dari 250 peserta umum. Target dari edukasi UMKM Go Online sebanyak 20.000 UMKM. Mereka akan dibekali dengan bimbingan untuk mendigitalisasi bisnis mereka dari proses pengenalan online hingga pemasaran bisnis secara online. 

"Kami melihat telah terjadi perubahan perilaku belanja masyarakat di Indonesia, dari konvensional ke online. Hal ini disebabkan bisnis online yang tengah diminati oleh masyarakat. Melalui roadshow ini, kami ingin mengedukasi para pelaku UMKM, yang tersebar di seluruh Indonesia," ujar Muhammad Fikri, Head of  Community Management Bukalapak.

Ditambahkan oleh Fikri, tujuan lainnya dari roadshow ini agar para pelaku UMKM juga bisa memanfaatkan platform online untuk lebih kreatif dalam memasarkan produk-produk mereka. Dengan begitu, mereka bisa lebih berkembang untuk memasarkan seluruh produk yang dihasilkannya ke banyak calon pembeli.

Hal senada juga ditegaskan oleh Harry Hartono, Kasubdit Peningkatan Kapasitas TIK, Dlt.PI Kementerian KOMINFO. Ia menegaskan bahwa KOMINFO menyambut baik kerjasama ini. Kegiatan roadshow ini ini juga merupakan salah satu bentuk nyata dari program UMKM go online yang memiliki tujuan untuk mewujudkan visi “Digital Energy of Asia”. 

"Melalu kerja sama yang dilakukan oleh KOMINFO dan Bukalapak, kami berharap untuk dapat mendigitalisasikan sekitar delapan juta UMKM yang tersebar di seluruh Indonesia. Tujuannya sederhana, yakni untuk memajukan, meningkatkan inovasi, daya saing serta produktifitas mereka," ujar Harry Hartono.

Dengan dukungan dari pemerintah, kesempatan para UMKM di berbagai pelosok di Indonesia untuk melek digital akan cepat terlaksana. Di tahun 2017 ini, Bukalapak telah berhasil merangkul hampir dari dua juta pelapak untuk bergabung dan meningkatkan kinerja mereka, serta memiliki komunitas yang tersebar di 70 kota di Indonesia.